Sejarah , Pengertian ,Cara membuat Say Hello Word Pada Pascal

Turbo Pascal adalah sebuah aplikasi/perangkat lunak yang terdiri dari kompiler dan Integrated Development Environment (IDE) atas bahasa pemrograman pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86, dan MS-DOS, yang dikembangkan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Kahn.
Nama Turbo Pascal merupakan perangkat lunak versi dulu yang merupakan lebih murah dan paling luas digunakan. Sedangkan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut (dengan kepustakaan lebih banyak dan pustaka kode sumber standar) dinamakan dengan Borland Pascal. Nama Borland Pascal juga digunakan sebagai dialek spesifik buatan Borland.
Aplikasi yang dapat digunakan bermacam macam, yang umumnya menggunakan Turbo pascal
untuk memudahkan anda, dapat menggunakan Geany dan Compiler Free Pascal 
Karena Tampilan Geany lebih enak di lihat dan mudah untuk di baca  ( sudah terdapat warna );

Cara membuat Say Hello Word Dalam Pascal syntac nya sebagai berikut :
program HelloWorld; {judul program tidak wajib}
uses wincrt;{Terdapat Perbedaan jika anda menggunakan Geany dan compiler cukup gunakan uses crt ,jika menggunakan turbo pascal gunakan uses wincrt}
begin
writeln('Hello World');
readln();
end.

Penjelasan Program :

Program hello_world; - (Merupakan judul program dan tulisan yang berwarna merah disamping dapat anda ganti sesuai judul yang anda inginkan)
USES CRT; - (Merupakan bagian deklarasi program, harap jangan mengubah tulisan ini)
BEGIN (Memulai membuat badan program)
CLRSCR;(Clear Screen/ Membersihkan layar, merupakan script agar output aplikasi tidak mengalami duplikasi/ tampil secara terus menerus sebanyak proses running dilakukan)
WRITE('Hello World');(WRITE diguakan untuk menampilkan/ menulis output/keluaran yang kita tulis seperti tulisan yang berwarna merah disamping)
READLN; - (Membaca aplikasi agar aplikasi dapat dieksekusi/dirunning)
END. - (Mengakhiri kode-kode dibadan program)


Sekian Sejarah , Pengertian ,Cara membuat Say Hello Word Pada Pascal Semoga dapat Membantu anda, Jangan lupa ya share dan lihat artikel-artikel yang lainnya serta sering-sering berkunjung di lain waktu. :) :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »